Tuesday, January 9, 2018

EROPA PAKE MOBIL, MUNGKINKAH?

EROPA PAKE MOBIL, MUNGKINKAH? (Angan-angan dua orang penggangguran)

Hi semuanya, 

Sekarang waktu menunjukkan 00:16 wib. Tanggal 10 Januari 2018. Saya lupa posting tanggal 8118. Cantik ya nomornya. Tapi dihari itu juga aku agak sedih, karena itu hari ulang tahunku yang ke 31 tahun. Merasa tua sekali (everybody feels that each each, no matter young they are). 

Hari ini, kami melakukan banyak research soal konversi mobil VAN. Kami berencana untuk melakukan perjalan gila, epic dan hampir tidak mungkin. Yaitu road trip dari Indonesia ke Turkey. Banyak sekali yang harus dipikirkan dan direncanakan. Seperti biaya mobil, konversi dan perjalanan. Rute apa saja dan dokumen apa saja yang dibutuhkan dan yang timeline. Saya coba-coba aja estimasi seperti dibawah ini. 

Kami merencakan untuk road trip ke Antalya karena kami berdua sama-sama belum mepunyai pekerjaan. Tapi selain memikirkan hal-hal diatas, kami juga butuh memikirkan pasif income, usaha apa yang harus kami lakukan sehingga dapat penghasilan minimal 10juta perbulan. Apakah dengan membeli apartement kemudian disewakan ke travelio dan airbnb? Apakah membuka cucian mobil di parkiran restoran adikku? Apakah membeli rumah? Apakah apakah... 

Yes, kami bebas menentukan apa yang kami mau, tapi tetap terhalang finansial yang terus-menerus menipis setiap harinya tanpa ada tambahan. Kami ingin ke Antalya untuk membeli apartment yang bisa membuat kami tinggal di Turki sebagai PR. Bagaimana dengan lamaran kerja, intern dan S3 saya? Mungkin uangnya juga dibutuhkan untuk visa dll? Sangat membingungkan. 

Kami berani berhenti, tapi tentu saja ketakutan itu ada...Bagaiman menurut kalian? Lebih baik bagaimana?

Oh iya, bila kami pergi dengan mobil, selain waktu yang lama, uang juga butuh banyak. Mobil dan konversi sekitar 100juta, biaya perjalanan sendiri mencapai 35-50 juta! Itu sudah melebihi budget untuk Indonesia (Kami membagi-bagi uang berapa yang harus dihabiskan di Indonesia dan di Turki)...Kalau naik pesawat, cuma 15 jam dan 10juta. Tapi pengalamannyaaaa pasti beda banget. Saya juga ingin sekalian melakukan kegiatan sosial dan ramah lingkungan selama perjalanan kami. Seperti menanam pohon di setiap kami berhenti (supaya dapat ikutan gerakan Carbon Neutral), kami juga berencana memakai tenaga surya alias solar power supaya kami tidak ketergantungan dengan bahan bakar, jadi bisa self-sustaining dan off grid.. (istilah2 bagi orang yang melakukan campervan mandiri tanpa tergantung dengan bahan bakar dan dapat mandiri).

Ah, sudah ngantuk... saya tidur dulu, besok saya akan membuat SIM international, membuat SIM nasional untuk suami, membayar uang pendaftaran IMI, melamar pekerjaan, mencari info tentang perjalanan darat lintas negara, mencari mobil bekas dan banyak lagiiii.. 

No comments:

Tahap dan Biaya Proses Pembuatan Syarat Visa dan Pengajuan Visa Student

  Tulisan ini akan selalu berkembang sampai saya selesai apply dan dapat visa ya. Membaca semua informasi di website https://www.immigration...