Monday, September 29, 2008

Ramadhan dan Lebaran di Arab saudi

Bisa dibilang, ini lebaran paling menyedihkan tapi paling khusuk dalam hidup saya. Ini lebaran pertama jauh dari ortu..dan kampung halaman. Disebut menyedihkan karena kangen ma ortu,suasana lebaran dikampung, kangen ketupat dan rendang dan juga karena kelaperaaaann.. huhhuhuhu.. kok bisa??

soalnya saya kira lebaran hari rabu, jadi mau masak-masak hari selasa aja,dan beli bahannya juga selasa. Eh malem selasa, suami sms katanya ini malem takbiran (langsung pasang telinga, kali aja menangkap bunyi genderang,mercon, atau kembang api dan yang pasti suara takbir itu sendiri.. waaaahhh.. yang ada malah bunyi jangkrik, krik,krik,krik... sepiiiiiiiiiii yang sangat mencekam.. sedih.. melantunkan takbir sendiri,sambil dengerin takbir dari flash di blogku,sendiri..sedih..)

Saya kira, lebaran mall dan restoran pasti buka dong ya. Bisalah merasakan opor ayam dan lontong alumunium foil. Ternyata,lagi-lagi ngarep, semuanya tutup. Jadilah ini lebaran kelaperan yang seharusnya penuh makanan.. (ada sih, mie, udang, nasi, tp males masak.. trus ada kue2 sedikit dari bapak mertuaku..)

Jadi, dari buka puasa terakhir, sampe sekarang,malem lebaran kedua, saya belum makan apa-apa.. suami jg. Kita paling makan snack tic tac, minum air putih, kerupuk udang, minum air putih, udah,, trus ketiduran, bangun udah pagi, masih juga belum makan, mau pesen... hah,ngarep.

Jadi, disini itu bener-bener jauh dari yang namanya perayaan yang terlalu berlebihan dan kadang membuat kita lupa esensi lebaran dan kemenangan itu sendiri.. yah taulah anda, mencuri gara2 mau baju baru, dan lain2.. atau terlalu berlebihan makan2an lebaran, sampe akhirnya ke rumah sakit, semuanya yang berlebihan (baca:lebay) itu ga baik.

bedanya indo ma disini, disini ga ada :
1. Bedug, atau sirene buat penanda imsak (jadi suka kelabakan, tau2 udah adzan aja..)
2. Malam takbiran yang rame2an, meriam, kembang api,,, atau seenggaknya dari mikrofon mesjid kek ada yang takbir, jadi tau ini malem lebaran gitu loh...
3. Asmara subuh... yay
4. PASAR KAGET.. kangennya... (ada sih kata suami, pas diliat, bener2 bikin kaget soale cuma 3 orang yang jualan,huahahaha.. secara disini orang dah pada kaya.. alhamdulilah,ada juga yang miskin kayak TKW INDONESIA,itu merek terkenal disini, trus para tukang bebersih dari bangladesh,tp tetep mereka ga bisa jualan, soalnya sibuuk..)
5. Ngabuburit, apaan tuh,, yang ada orang2 pada ngebut mau pulang kerumah, jadi serem jalanan pas mau magrib.
6. Ga ada lontong, rendang, opor ayam, dan makanan khas lainnya.
7. Ga ada acara maaf-maafan, kata suami orang indo emang santun banget..
8. Ga ada acara bertandang kerumah tetangga atau kerabat (mungkin disini karena banyakan orang datangan dan pada cuek2 n ga kenal, dan banyak yg masih sibuk kerja n banyak yang pergi ke mekkah madinah pas lebaran.)
9. Pas taraweh ga ada khutbah.

Disini tuh adanya:
1. Orang bagi2 makanan buka(kurma yg masih seger,bukan manisan kurma kayak di indo, laban atau yoghurt,jus,roti dan air putih) di perjalanan ke mekkah dan madinah. Apalagi kalo di mekkahnya, banyaaak banget makanannya.
2. apa lagi ya. inget inget...ah biasa aja, ga ada yang beda dari hari2 biasa.

Ohya, indo n mesir hampir samalah klo lebaran,, cm disini aja yang beda..

Nah,, pagi2 lebaran, bersih-bersih rumah.. dan berangkat ke lapangan besar.. WOW.. mobil semua sejauh mata memandang, dan kebanyakan warna putih (warna khas saudi man).
Aku ga liat ada ceweknya..ternyata ceweknya di bikin kayak "kandang" atau sekat tembok segiempat jadi ga kebuka untuk umum. WWaaah, anak2 arab berdandan pake baju baru yang sumpah bener2 bagus deh, ada yang gaya turkey,china, wedding, india, casual, artis dangdut (nah loh), sampe ada yang kayak kue pengantin bajunya.. dan mereka sibuk bagi2in makanan snack (takutnya dari china tuh). Trus ada kurma dan buku berbahasa inggris gratis di depan gerbang... pas khutbah, ga ngerti jadi ngeliatin aja tingkah pola anak2 yang kayak carnaval and acara ulang taunan.sayang ga bisa take pic, saudi girls are so strict about this..bisa dibunuh saya... hahaha

Selesai.. pulang.. tidur, aktivitas biasa sehari2..hiks..

Nah, disebut paling khusuk soalnya, bisa pergi ke mekkah madinah, taraweh, jadi penanggung jawab soal sahur, biasanya paling susah dibangunin, boro2 bantu ibu masak,,:( daaaann puasa bulan ini full.. heran juga, apakah ada baby?? masih rahasia dan tanda tanya besar..

anyway, Taqabalallahu minna wa minkum.. minal aidin wal faidzin...

1 comment:

Anonymous said...

hihih kacian deh km lebaran kelaperan :P:P..itu mobil warna putih ky di pakistan juga...masalahnya kl pake lain warna pajaknya gede bgt..jd putih semuaaaaa....eid mubarak ya...

Tahap dan Biaya Proses Pembuatan Syarat Visa dan Pengajuan Visa Student

  Tulisan ini akan selalu berkembang sampai saya selesai apply dan dapat visa ya. Membaca semua informasi di website https://www.immigration...